Cara Pasang dan Jarak 4 LNB Pada Parabola 6 Feet

Cara Pasang dan Jarak 4 LNB Pada Parabola 6 Feet - Sebagian besar jumlah pemasangan LNB pada parabola 6 Feet adalah 4 yang digunakan untuk menerima siaran televisi digital dari satelit Palapa, Telkom., Asiasat 7 dan Asiasat 5, namun ada juga yang memasang sampai dengan 5 LNB dengan penambahan LNB Ku Band untuk menerima siaran dari satelit NSS 6 atau SES 8 pada 95 derajat yang ditempatkan di pinggir LNB Asiasat 5.

Sesuai dengan judul artikel ini, yang akan kita bahas adalah pemasangan 4 LNB pada parabola dengan ukuran Dish/Piringan 6 feet, selain receiver, dish, dan TV yang harus anda persiapkan selanjutnya adalah:

  1. Empat buah LNB C Band
  2. DiSEqC Switch 4x1 bisa di beli di toko parabola dengan kisaran harga Rp. 25.000
  3. Dudukan/Scalar Ring LNB C Band, biasanya ada yang 1 paket
  4. Kabel
Gambar DiSEqC Switch 4 x 1 - Cara Pasang dan Jarak 4 LNB Pada Parabola 6 Feet
Kemudian pasang LNB kedalam dudukan LNB dan atur jarak antar 4 LNB dengan mengukur LNB dari tengah LNB menggunakan penggaris kepada LNB lainnya (Penting! Ukur bukan dari pinggir LNB) dengan jarak sebagai berikut:
  1. Palapa (LNB 1) Ke Telkom (LNB 2) berjarak 6,96 cm
  2. Telkom (LNB 2) ke Asiasat 3s (LNB 3) berjarak 3,91 cm
  3. Asiasat 3s (LNB 3) ke Asiasat 5 (LNB 4) berjarak 7,26 cm
Untuk posisi LNB dari Timur ke Barat adalah LNB yang pertama adalah Palapa - Telkom - Asiasat 7 - Asiasat 5. Selanjutnya pengaturan DiSEqC Switch untuk 4 LNB baik pada receiver ataupun pada port DiSEqC Switch anda bisa ikuti panduannya seperti in
  1. Pasang LNB 1 (Palapa) ke Port DiSEqC Switch LNB 1, pengaturan di receiver nya adalah LNB/Port 1 (Kadang berbeda sesuai merk receiver)
  2. Pasang LNB 2 (Telkom) ke Port DiSEqC Switch LNB 2, pengaturan di receiver nya adalah LNB/Port 2
  3. Pasang LNB 3 (Asiasat 7) ke Port DiSEqC Switch LNB 3, pengaturan di receiver nya adalah LNB/Port 3
  4. Pasang LNB 4 (Asiasat 5) ke Port DiSEqC Switch LNB 4, pengaturan di receiver nya adalah LNB/Port 4
Secara singkatnya panduan pemasangan 4 LNB dalam 1 dish parabola adalah seperti yang telah dijelaskan diatas, untuk rumus menghitung jarak LNB menggunakan file Excel anda bisa langsung download di artikel Rumus Otomatis Hitung Jarak Multi LNB Parabola Dalam 1 Dish yang ada di blog ini, tidak hanya 4 LNB file Excel tadi bisa menghitung otomatis jarak LNB sampai dengan 9 LNB sekaligus. Cukup praktis anda hanya tinggal masukan posisi derajat satelit dan nama satelitnya.

Sekian dulu tutorial Cara Pasang dan Jarak 4 LNB Pada Parabola 6 Feet, jika ada waktu akan dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi supaya lebih bisa dimengerti untuk orang yang baru mendalami tracking parabola. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.


3 komentar

  1. Utk menangkap sinyal Palapa, Telkom, Asiasat 7 & Asiasat 5 lebih bagus menggunakan Dish Solid 6 feet atau Dish Mesh 7.5 feet? Sy punya 2 jenis Dish tsb Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik pakai dish yang mesh nya gan, lebih gede ke sinyal juga lebih baik. Nah kalo yang solid nya bisa di pake buat fokus ke satelit lain baik yang Ku Band maupun C Band.

      Hapus
  2. mohon izin sedot gan terima kasih

    BalasHapus

Komentar anda tidak akan langsung muncul karena melalui proses moderasi/peninjauan oleh Admin sebelum ditampilkan. Jadi berkomentarlah yang berkaitan dengan artikel.